Referral Banners

Bagaimana Mengatasai Masuk Angin?

Bagaimana Mengatasai Masuk Angin?


blog pakNo: Masuk angin dalam kedokteran, sebenarnya adalah bagian dari gejala flu. Yang terjadi saat  pergantian musim. Sedangkan angin sendiri sebenarnya tidak benar- benar masuk ke dalam tubuh. Tetapi tiupan angin menyebabkan suhu tubuh menurun. Lalu, muncul gejala seperti pusing, meriang, pegal-pegal, perut kembung, batuk-pilek dan demam.

Istilah masuk angin sendiri diyakini warisan dari nenek moyang (khususnya orang Jawa). Bahkan banyak ditemukan iklan produk jamu atau obat masuk angin di layar televisi atau media elektronik lainnya dengan menggunakan istilah 'masuk angin' yang mudah dimengerti atau sudah menjadi jargon dalam masyarakat.

Orang yang masuk angin biasanya akan mengalami perut kembung, mual dan nyeri. Ditambah lagi tidak bisa buang angin atau kentut serta bersendawa. Tapi perlu diwaspadai jika nyeri dan sesak itu terasa di dada. Bisa jadi itu  angin duduk yang dapat berakibat fatal, yakni kematian mendadak.

Untuk mencegah terjadinya masuk angin, biasakan makan secara teratur. Konsumsi vitamin. Bisa vitamin alami dari makanan maupun suplemen makanan. Bisa juga obat atau jamu pencegah masuk angin.

Tujuannya supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Kemudian pakailah pakaian tebal atau jaket jika sedang mengendarai sepeda motor atau berada di daerah dengan angin kencang dan dingin.

Jika sudah terlanjur terkena masuk angin, hindari minum minuman dingin. Konsumsilah wedang jahe atau minuman hangat lain. Jika ingin minum jamu atau obat masuk angin, perhatikan dosisnya.

Jangan sampai berlebihan karena berbahaya. Olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Kerokan juga bisa menjadi alternatif. Tapi hati-hati. Tekanan yang terlalu kencang bisa menyebabkan kulit iritasi.

Sementara itu ada cara lain untuk menghilangkan masuk angin, seperti dikutip situs doktersehat, yakni dengan menyiapkan air panas kemudian masukkan ke botol air mineral yang besar. Tambahkan air dingin supaya tidak terlalu panas. Tutup rapat. Merebahlah terlentang. Kemudian guling-gulingkan botol berisi air panas tersebut di sekitar perut.

source: http://m.jakartapress.com/read/detail/2544/trik-atasi-masuk-angin/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment