Referral Banners

'Pieter Schelte' adalah Kapal Laut Terbesar di Dunia Saat Ini

 'Pieter Schelte' adalah Kapal Laut Terbesar di Dunia Saat Ini


blog pakNo: Pabrik kapal asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, telah berhasil membangun kapal laut terbesar di dunia yang diberi nama 'Pieter Schelte' , kapal tersebut mempunyai panjang 382 meter dan lebar 127 meter. Bila dibandingkan, lebar kapal Pieter Schelte sendiri tercatat lebih tinggi dari menara populer asal Inggris, Big Ben, Daily Mail (20/10). Sementara itu, bobot dari kapal ini sekitar 225.282 ton!

Untuk membangun kapal tersebut, dibutuhkan dana mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 20 triliun yang didanai oleh perusahaan asal Swiss bernama Allseas. Allseas sendiri lah yang nantinya mengoperasikan kapal yang dipacu dengan 13 mesin Roll Royce 'raksasa' 5,5 megawatt tersebut sebagai kapal transportasi alat tambang minyak.

Kapal Pieter Schelte nantinya akan dipakai untuk mengangkut bangunan utama pengeboran minyak lepas pantai yang biasa di sebut 'rig'. Bobot 'rig' bisa mencapai 73.000 ton. Itu sebanding dengan bobot 10.000 lebih gajah Afrika yang biasanya berbobot 7 ton.

Kecepatan yang mampu dibukukan oleh kapal Pieter Schelte saat membawa sebuah rig 'cukup' cepat untuk ukuran kapal raksasa, yakni 14 knot atau 25,9 kilometer per jam. Sekitar 571 awak kapal bisa ditampung oleh kapal yang mempunyai mesin berkapasitas 11,2 megawatt tersebut.

Sayangnya, Pieter Schelte hanya akan menyandang gelar sebagai kapal laut terbesar sekitar 6 tahun saja. Sebab, pada tahun 2020 nanti, sebuah kapal laut raksasa lain yang juga buatan Allseas akan selesai dibangun. Tidak tanggung-tanggung, kapal bernama Maersk Triple-E itu memiliki nantinya akan memiliki panjang total 400 meter! Membuatnya memecahkan rekor kapal terpanjang di dunia.


source: merdeka.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment