Referral Banners

Nokia C6-01, Layar sentuh yang responsif

Nokia C6-01, Berevolusi Tanpa Keyboard

Price: Rp. 3.800.000,-

Seri C6 kembali hadir dengan tampilan, kemampuan, dan bentuk yang baru. Meninggalkan keyboard, dan beralih ke fitur layar sentuh menjadi pilihan Nokia pada seri C6 terbaru yang diberi kode 01. Bahkan kemampuan untuk bermain game dan browsing internet kian ditingkatkan dengan prosesor dan GPU baru.

Sukses mengeluarkan seri C6-00 di tahun 2010 lalu, Nokia rupanya masih tertarik dengan seri ini dan mengeluarkan generasi lanjutannya yang diberi nama C6-01. Sebagai informasi, Nokia menggunakan kode 00 atau 01 sebagai penanda urutan generasi ponsel tersebut. Generasi C6-00 menggunakan fitur layar sentuh yang dibekali pula dengan papan ketik mini QWERTY. Sedangkan pada generasi C6-01, Nokia hanya membenamkan fitur full touch-screen dengan desain yang lebih trendi dan menawan. Bahkan kemampuan C6 terbaru kian ditingkatkan oleh Nokia agar dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya yang beragam. Ingin tahu seperti apa kemampuan seri C6 terbaru? Berikut adalah jawabannya.

Nokia C6-01, Layar sentuh yang responsif

Solid Design
Bila Anda melihat desain Nokia C6-01 ini, maka tak ada lagi desain C6-00 yang melekat pada generasi terbarunya. Semua benar-benar dirancang ulang dengan desain yang lebih menarik dan modis. Alhasil, ponsel ini berwujud lebih mungil dan lebih berkarakter bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ukuran Nokia C6-01 memiliki dimensi yang tergolong lebih mudah disimpan ke dalam kantong dan ergonomis, yakni sekitar 103,8 x 52,5 x 13,9 mm. Sedangkan bobotnya tergolong ringan (131 g), sehingga memudahkan Anda untuk membawa ponsel ini ke mana saja.

Untuk tampilan warna yang diusung C6-01 terbilang cukup mewah dan eksklusif, karena Anda akan mendapatkan dua warna pilihan, yakni warna hitam yang glossy, dan abu-abu yang diberi aksen chrome pada bagian sisinya. Sedangkan untuk pemilihan materinya, Nokia menggunakan metal atau besi yang digunakan pada sisi bodinya maupun bagian backdoor baterainya. Pada bagian layarnya, Nokia C6-01 menggunakan Gorilla glass yang cukup tebal dan tahan gores, seperti halnya kaca yang digunakan pada iPhone.

Generation of Symbian^3
Nokia C6-01 merupakan salah satu generasi yang menggunakan sistem operasi Symbian^3, setelah seri N8, E7, dan C7. Sehingga dari segi tampilan user-interface memang tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tiga tampilan muka tetap bisa Anda nikmati pada seri C6-01 ini, dan tentu saja isi dari ketiga tampilan tersebut bisa diubah sesuai dengan yang Anda diinginkan. Bagian prosesor tak kalah ditingkatkan kemampuannya oleh Nokia. Seri C6-01 menggunakan prosesor ARM 11 680 MHz agar bisa melakukan berbagai macam multitasking, dan Broadcom BCM2727 GPU untuk menikmati tampilan gambar yang cemerlang dan tajam.

Tampaknya Nokia sudah melupakan papan ketik yang pernah dibenamkan pada seri C6-00 sebelumnya. Sehingga C6-01 hanya menggunakan fitur layar sentuh. Fitur layar sentuhnya terbilang cukup responsif, hal tersebut dapat dirasakan ketika bermain game maupun ketika digunakan untuk memilih berbagai macam menu yang ada di dalam ponsel ini.

Kami tergoda untuk melihat kualitas gambarnya via YouTube. Video streaming dapat diputar dengan baik dan terbilang cukup smooth. Percobaan berikutnya, kami mencoba untuk memutar film beresolusi tinggi. Hasilnya, C6-01 bisa memutar film tersebut dengan baik, dan hasil gambarnya cukup tajam. Sebagai catatan, C6-01 bisa digunakan untuk memutar file berformat, DivX, XviD, MP4, WMV, H.264, dan H.263. Sedangkan ketika digunakan untuk melihat gambar beresolusi tinggi, tampilan layarnya terbilang cukup tajam untuk menampilkan kualitas gambar hi-res.

High Resolution Camera
Tampaknya untuk bagian kamera, Nokia C6-01 terbilang kompak dengan seri C7. Buktinya, kedua seri tersebut memiliki resolusi kamera yang sama, dengan tingkat kedalaman gambar yang sama, yakni 8MP (3264 x 2448 pixels). Selain itu, fitur yang dimiliki keduanya pun terbilang sama, seperti dual LED flash, dan fixed focus. Oleh karena itu, hasil jepretan kamera ponsel ini tak berbeda jauh antara satu dengan yang lainnya.

Nokia C6-01, Layar sentuh yang responsif


Mengambil gambar melalui kamera C6-01 terbilang cukup mudah dan cepat. Karena Nokia telah membekali tombol shortcut yang berada di sebelah kanan bodi dan tombol ini sekaligus bisa digunakan sebagai tombol shutter. Dan Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengatur fokus terhadap objek gambar, karena Nokia C6-01 sudah menggunakan fixed lens. Cukup bidik objek, lalu kemudian ambil gambarnya.

Sedangkan untuk merekam gambar bergerak, Anda dapat mengandalkan kamera C6-01. Hasil rekaman videonya cukup baik, dan mampu menghasilkan kualitas video hi-res (720p). Kami tertarik untuk menguji kualitas videonya di dalam ruangan. Sensor kameranya mampu menyesuaikan pencahayaan yang ada di sekeliling objek. Bahkan Anda dapat menghidupkan lampu LED yang ada di bagian belakang untuk menambah pencahayaan pada objek.

USB OTG
Sama halnya dengan seri C7, ponsel ini telah dibekali dengan USB On-The-Go (OTG). USB OTG merupakan fitur terbaru yang dibenamkan oleh Nokia ke dalam smartphone terbaru mereka. USB OTG dapat digunakan untuk membaca file yang ada di dalam flash-disk Anda. Cukup tancapkan flashdisk ke adaptor USB, lalu gunakan File Management untuk membaca semua file yang ada di dalamnya. Sehingga apabila Anda lupa mengirim file penting yang ada di dalam flashdisk bisa memanfaatkan fitur USB OTG ini.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS
Network:GSM 850/900/1800/1900; H5DPA 2100
Display:AMOLED 3,2" (360 x 640 pixels) capacitive touchscreen, 16M warna
Dimensions:103,8 x 52,5 x 13,9 mm
Weight:131 gr
Memory:340 MB, 256 MB RAM, 1GB ROM (internal); microSD up to 32GB (eksternal)
Connectivity:Bluetooth v3.0 A2DP, HSDPA 10,2 Mbps, HSUPA 2.0 Mbps, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB, WiFi 802.11 b/g/n, WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds, etc.
Camera:8 MP (3264 x 2448 pixels), Fixed lens, dual LED flash
Features:Symbian^3 OS, ARM 11 680 Mhz processor, TV-out, Flash Lite v4.0, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), etc
Verdict
Plus:
  • Layar sentuh yang responsif
  • Kualitas gambar dan video berkualitas HD
  • Dimensi yang ergonomis

Nokia C6-01, Layar sentuh yang responsif

Editor Says
"Nokia seperti tidak mau kehilangan pasar. Nokia C6-01 diluncurkan begitu cepat dan terlalu dekat dengan seri C7. Harga, dimensi, dan desainlah yang menjadi ukuran perbedaan dari keduanya. Semuanya dikembalikan kepada konsumen, untuk memilih Nokia C6-01 yang berdimensi mungil, atau seri C7 yang terlihat modis. Mana pilihan Anda?"


Source: Gadget Indonesia
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment